LAPORAN
PELAKSANAAN
LESSON
STUDY
(Kelas
X Harvard MA Bilingual Batu)
The Learning University
Penyusun:
Imam Taqyudin
NIM. 209231416686
UNIVERSITAS NEGERI
MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA
ARAB
PRODI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Maret 2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan lulusan pendidikan keguruan di
Universitas Negeri Malang, UPT PPL menambah program penilaiannya dengan
mewajibkan pelaksanaan kegiatan Lesson
Study bagi mahasiswa PPL. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat
bagi mahasiswa PPL namun juga terhadap dosen pembimbing dan guru pamong. Di
samping membantu mahasiswa PPL untuk mengetahui
kekurangannya juga dapat menambah wawasan dan pengalaman mengajar yang lebih
profesional.
Pada
kegiatan Lesson study ini, semua
peserta Lesson study tidak memiliki
perbedaan antara satu dengan yang lain. Semua setara, yang berperan sebagai
teman sejawat yang saling belajar, bertukar pikiran dan pengalaman yang bertujuan
meningkatkan kualitas dan pengalaman pembelajaran. Keterbukaan dan kejujuran
masing-masing pihak peserta kegiatan ini sangat diharapkan demi kemajuan dan
peningkatan bersama.
1.2
Permasalahan
Permasalahan
yang diharapkan pemecahannya pada kegiatan lesson
study ini adalah:
1. Bagaimanakah pelaksanaan lesson study di MA Bilingual Batu?
2. Bagaimanakah bentuk dan karakteristik
pembelajaran yang dilakukan guru model dalam ketrampilan pengelolaan kelas?
3. Bagaimanakah hasil observasi yang
dilakukan guru sebagai observer pembelajaran?
4. Rekomendasi apakah yang dimunculkan
untuk perbaikan pembelajaran dan perbaikan lesson
study di MA Bilingual Batu?
1.3
Tujuan
Tujuan
umum lesson study adalah meningkatkan
mutu pembelajaran di MA Bilingual Batu dan profesionalisme calon guru.
Sedangkan
tujuan khusus yang diharapkan dalam lesson
study ini adalah:
1. Mengetahui pelaksanaan lesson study di MA Bilingual Batu pada pelaksanaan
PPL semester genap 2013.
2. Mengetahui bentuk dan karakteristik
pembelajaran yang dilakukan guru model dalam ketrampilan pengelolaan kelas.
3. Mengetahui hasil observasi dan refleksi
pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok guru yang melaksanakan lesson study.
4. Memberikan rekomendasi untuk peningkatan
pembelajaran dan perbaikan lesson study.
1.4
Ruang Lingkup
Ruang lingkup lesson
study di MA Bilingual Batu pada pelaksanaan pembelajaran semester genap tahun
pelajaran 2012/2013 ditinjau beberapa aspek:
1. Mata pelajaran yang dilakukan kegiatan
pengelolaan kelas di dalamnya adalah bahasa Arab. Jumlah guru MA Bilingual Batu
yang terlibat lesson study adalah 1
orang. Jumlah mahasiswa PPL yang terlibat lesson
study 5 orang.
2. Jumlah siklus lesson study untuk masing-masing mahasiswa adalah dua siklus yang
terdiri dari 2 kali plan, do, dan refleksi.
1.5
Manfaat
Kegiatan Lesson study sangat bermanfaat bagi
semua peserta lessson study baik mahasiswa
PPL, guru pamong, maupun dosen sebab melalui lesson study semua mendapatkan pengalaman secara individual tentang
proses pembelajaran yang dilakukan.
Para
observer dapat memberikan saran kepada guru model dan juga sebaliknya guru
observer mendapatkan pengalaman dan pelajaran dari guru model. Dengan demikian,
melalui lesson study terjadi proses timbal
balik (mutualisme) dan pembelajaran diantara para calon guru dan guru.