DVBkUSiVdEEMAmU2y4AlVQF5CH4 Lesson Study | PENDIDIKAN PEMBELAJARAN

Visitor

Saturday, 27 April 2013

Lesson Study


LAPORAN PELAKSANAAN
LESSON STUDY
(Kelas X Harvard MA Bilingual Batu)

 



The Learning University




Penyusun:
Imam Taqyudin
NIM. 209231416686




UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA ARAB
PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Maret 2013
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Dalam rangka meningkatkan lulusan pendidikan keguruan di Universitas Negeri Malang, UPT PPL menambah program penilaiannya dengan mewajibkan pelaksanaan kegiatan Lesson Study bagi mahasiswa PPL. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa PPL namun juga terhadap dosen pembimbing dan guru pamong. Di samping  membantu mahasiswa PPL untuk mengetahui kekurangannya juga dapat menambah wawasan dan pengalaman mengajar yang lebih profesional.
            Pada kegiatan Lesson study ini, semua peserta Lesson study tidak memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Semua setara, yang berperan sebagai teman sejawat yang saling belajar, bertukar pikiran dan pengalaman yang bertujuan meningkatkan kualitas dan pengalaman pembelajaran. Keterbukaan dan kejujuran masing-masing pihak peserta kegiatan ini sangat diharapkan demi kemajuan dan peningkatan bersama.

1.2  Permasalahan
Permasalahan yang diharapkan pemecahannya pada kegiatan lesson study ini adalah:
1.     Bagaimanakah pelaksanaan lesson study di MA Bilingual Batu?
2.     Bagaimanakah bentuk dan karakteristik pembelajaran yang dilakukan guru model dalam ketrampilan pengelolaan kelas?
3.     Bagaimanakah hasil observasi yang dilakukan guru sebagai observer pembelajaran?
4.     Rekomendasi apakah yang dimunculkan untuk perbaikan pembelajaran dan perbaikan lesson study di MA Bilingual Batu?

1.3  Tujuan
Tujuan umum lesson study adalah meningkatkan mutu pembelajaran di MA Bilingual Batu dan profesionalisme calon guru.
Sedangkan tujuan khusus yang diharapkan dalam lesson study ini adalah:
1.     Mengetahui pelaksanaan lesson study di MA Bilingual Batu pada pelaksanaan PPL semester genap 2013.
2.     Mengetahui bentuk dan karakteristik pembelajaran yang dilakukan guru model dalam ketrampilan pengelolaan kelas.
3.     Mengetahui hasil observasi dan refleksi pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok guru yang melaksanakan lesson study.
4.     Memberikan rekomendasi untuk peningkatan pembelajaran dan perbaikan lesson study.

1.4  Ruang Lingkup
            Ruang lingkup lesson study di MA Bilingual Batu pada pelaksanaan pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2012/2013 ditinjau beberapa aspek:
1.     Mata pelajaran yang dilakukan kegiatan pengelolaan kelas di dalamnya adalah bahasa Arab. Jumlah guru MA Bilingual Batu yang terlibat lesson study adalah 1 orang. Jumlah mahasiswa PPL yang terlibat lesson study 5 orang.
2.     Jumlah siklus lesson study untuk masing-masing mahasiswa adalah dua siklus yang terdiri dari 2 kali plan, do, dan refleksi.

1.5  Manfaat
Kegiatan Lesson study sangat bermanfaat bagi semua peserta lessson study baik mahasiswa PPL, guru pamong, maupun dosen sebab melalui lesson study semua mendapatkan pengalaman secara individual tentang proses pembelajaran yang dilakukan.
Para observer dapat memberikan saran kepada guru model dan juga sebaliknya guru observer mendapatkan pengalaman dan pelajaran dari guru model. Dengan demikian, melalui lesson study terjadi proses timbal balik (mutualisme) dan pembelajaran diantara para calon guru dan guru.



Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Pendidikan Pembelajaran